Ingin Tetap Sehat Meski Harus Bekerja Kantoran? | sak-30

Minggu, 05 Februari 2017

Ingin Tetap Sehat Meski Harus Bekerja Kantoran?



Kita semua berkeinginan untuk menerapkan pola hidup sehat, mulai dari mempersiapkan bubur bergizi untuk sarapan, membawa bekal makan siang sehat dan berencana berolah raga sepulang dari kantor, akan tetapi begitu Anda masuk kantor dan mulai bekerja, semua rencana Anda bisa saja berubah.
Si Ana membawa kue ulang tahun rasa coklat, si Susan membawa cup cake buatannya, belum lagi si Cika teman baik yang selalu memaksa membuatkan Anda kopi dan menikmatinya berdua sembari mendengar curhatan tentang pacarnya. Semua makanan menjadi satu dan jadilah Anda mengkonsumsi gula lebih dari kapasitas bahkan sebelum jam kerja berjalan sampai tengah hari.
Meskipun Anda bekerja sepanjang hari bukan berarti Anda tidak bisa menerapkan gaya hidup aktif dan sehat.

1. Sarapan
Jangan pernah melewatkannya. Sarapan memberikan energi yagn Anda perlukan untuk melewati pekerjaan sampai tengah hari, dan sarapan membantu mencegah Anda mengkonsumsi junk food.

2. Kurangi camilan mengandung gula
Camilan bergula tentu saja nikmat namun belum tentu mampu mengusir rasa lapar Anda.

3. Bawa makan siang Anda sendiri
Mempersiapkan sup rumahan atau salad yang lezat di Minggu malam akan menghemat waktu, uang dan mengurangi lingkar perut Anda.

4. Jauhkan diri dari minuman bersoda
Minuman ini dapat membantu Anda tetap terjaga selama Anda bekerja dan mungkin Anda juga menyukai rasanya. Tapi ini sama sekali tidak membantu. Jika Anda ingin cafein, Anda bisa menikmati kopi namun jangan terlalu banyak atau teh hijau jauh lebih baik.

5. Minum banyak air putih
Seringkali kita menganggap dehidrasi sebagai rasa lapar sehingga kita lebih memilih makan kue ketimbang minum air putih. Rasa ngantuk juga seringkali disebabkan oleh dehidrasi, maka jaga diri Anda untuk minum yang cukup dan jika Anda ingin menambahkan rasa, tambahkan potongan jeruk nipis, lemon atau mentimun ke dalam botol air putih Anda.

6. Bergeraklah sebanyak mungkin
Berjalan di sekitar kantor atau melakukan peregangan setiap beberapa jam. Beristirahatlah setiap satu jam dan gerakkan tubuh Anda. Manfaatkan kesempatan yang ada untuk membakar kalori.

7. Upayakan seaktif mungkin di luar jam kerja
Memiliki gaya hidup sehat di luar jam kerja sama pentingnya dengan saat jam kerja.

8. Berdirilah sebanyak mungkin
Berdiri lebih sehat dibandingkan duduk, jauh lebih baik untuk postur Anda dan juga dapat membakar kalori.

9. Tidur yang cukup
Terbangun dengan badan yang segar dan kuat di pagi hari akan membantu mencegah Anda mengkonsumsi minum yang tidak perlu dan mencandu kafein nantinya.

10. Letakkan kata-kata bijak atau foto di ruang kerja Anda

Cukup cetak beberapa foto dan ciptakan sendiri kolase kecil Anda. Dapat dipasang di dinding atau meja atau di mana saja yang memungkinkan Anda mudah melihatnya dan mengingatkan tentang cita-cita Anda.

0 komentar:

Poskan Komentar